Adat Menjadi Dibagi Rumah Tongkonan

Mengenal Bagianbagian Tongkonan Rumah Adat Toraja

Bagian dalam rumah sendiri dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian selatan, tengah, dan utara yang memiliki fungsi masing-masing. bagian selatan untuk . More rumah adat tongkonan dibagi menjadi images.

Rumah adat toraja (tongkonan) blogger.

Rumah adat toraja atau yang biasa disebut dengan tongkonan, kata tongkonan sendiri berasal dari kata tongkon yang bermakna menduduki atau tempat duduk. dikatakan sebagai tempat duduk karena dahulu menjadi tempat berkupulnya bangsawan toraja yang duduk dalam tongkonan untuk berdiskusi. Atap rumah tongkonan sendiri dibuat dari bahan ijuk atau daun rumbia, meski pun kini penggunaan seng adat menjadi dibagi rumah tongkonan sebagai bahan atap lebih sering ditemukan. [baca juga: 6 jenis rumah adat sulawesi] 2. fungsi rumah adat selain dianggap sebagai identitas budaya, rumah tongkonan pada masa silam juga menjadi rumah tinggal bagi masyarakat suku toraja.

Nov 26, 2015 rumah sebagai tempat tinggal memiliki fungsi dan peranan sosial rumah adat toraja sebelum akhirnya terbentuk menjadi tongkonan, yaitu: . Sedangkan jenis rumah adat tongkonan yang terakhi adalah tongkonan bantu. ini merupakan tempat tinggal bagi anggota keluarga biasa yang tidak punya status sosial tertentu di dalam masyarakat. akan tetapi, di zaman modern seperti ini, ketiga jenis rumah tongkonan itu bisa dibangun oleh siapa saja.

Tongkonan Rumah Adat Toraja Yang Mengagumkan

Bagian tengah sebagai ruang tempat tinggal, dibagi pula atas tiga bilik yaitu bilik bagian depan disebut tando', berfungsi sebagai tempat beristirahat, tempat tidur . Sejarah singkat rumah adat toraja rumah adat orang toraja sendiri dibagi menjadi beberapa tingkatan atau beberapa kasta. diantaranya yang pertama adalah orang bangsawan tinggi atau tana bulaan, yang mempunyai derajat yang paling tinggi. kemudia yang kedua adalah tana bassi yang merupakan bangasawa rendah. yang ketiga adalah warga atau orang biasa yang merdeka yaiatu tana….

Konservasi Rumah Aadat Pallawa Kab Toraja Utara Sulawesi

Adat Menjadi Dibagi Rumah Tongkonan

Selain sebagai identitas budaya, rumah adat tongkonan memiliki fungsi. dulunya rumah ini menjadi rumah tempat tinggal suku toraja dan dianggap sebagai lambang ibu. di halaman rumah biasanya disimpan lumbung padi, masyarakat lokal menamai dengan sebutan alang sura ialah perlambangan ayah. berdasarkan fungsinya rumah adat ini dibagi menjadi tiga. Rumah adat toraja tana toraja sangat terkenal dengan adat istiadat yang membelenggu masyarakat pribumi toraja. ada beragam upacara adat yang dapat anda jumpai ketika anda berkunjung ke toraja. mulai dari upacara rambu solo dimana upacara tersebut adalah upacara pemakaman khas tana toraja. sehingga toraja menjadi tempat yang unik dengan keanekaragaman budaya yang kental. . Rumah tongkonan dibagi menjadi 3 bagian, yaitu: 1. kolong (sulluk banua), biasanya dihuni oleh hewan ternak 2. ruangan rumah (kale banua) 3. atap (ratiang banua), bentuknya melengkung mirip tanduk kerbau atau perahu terbalik. rumah tongkonan juga di lengkapi dengan lumbung padi yang di sebut alang. letaknya berada di depan atau di samping rumah.

Rumah adat di toraja disebut tongkon, karena pada awalnya rumah ini merupakan pusat pemerintahan dan kekuasaan adat. tongkonan bukanlah rumah pribadi perseorangan melainkan diwariskan secara turun temurun oleh keluarga atau marga suku toraja. di rumah adat inilah, keluarga toraja biasanya berkumpul untuk berdiskusi ataupun bertukar pendapat. Mar 4, 2013 jadi tidak bisa sembarangan membangun rumah adat ini. adat menjadi dibagi rumah tongkonan bagian dalam rumah dibagi tiga bagian, yaitu bagian utara, tengah, dan selatan.

Di bagian dalam rumah adat ini juga terbagi menjadi tiga bagian. pertama adalah bagian selatan, tengah dan utara. ada fungsi dari masing-masing adat menjadi dibagi rumah tongkonan bagian rumah . -sedangkan tiang kolom, untuk tongkonan yang tertua berjumlah 7 buah, berjajar pada bagian lebar bangunan. tiang kolom pada alang seluruhnya berjumlah 8 buah, dengan 2 kolom berjajapada bagian lebar bangunan dan 4 kolom ke arah belakang/ bagian panjang bangunan.

Jan 9, 2018 pergi ke toraja rasanya tak lengkap jika tidak mengunjungi beragam kebudayaan yang ada di sana. salah satunya adalah rumah adat toraja . Rumah adat pallawa. kwalitas bahan dasar yang digunakan dari segi bentuknya proses degradasi yang terjadi pada bahan bangunan kayu dibagi menjadi dua yaitu kerusakan dan pelapukan. jenis perawatan (konservasi) yang dilakukan pada tongkonan dan lumbung meliputi pembersihan mekanis, pembersihan khemis, sterilisasi, kamuplase, pembasmian. Tongkonan adalah rumah tempat tinggal sekaligus tempat menjalankan fungsi dan peranan penguasa adat, sehingga kerap disebut rumah adat. barung-barung merupakan tempat tinggal keluarga yang bukan penguasa. arsitektur tongkonan cukup unik ditilik dari bentuk atap dan penampilan bangunan. ciri khas ini turun temurun dari nenek moyang dan tetap.

Desa adat dalam kompleks rumah adat terdapat beberapa tipe unit bangunan yang masingmasing mempunyai ukuran, bentuk dan lain-lain elemen arsitektural berbeda. secara garis besar, dari segi fungsinya, terdapat dua jenis bangunan adat berbeda. tongkonan atau rumah untuk tempat tinggal dalam arti tidur, makan, istirahat, di mana pada umumnya mempunyai tado'-tado' (teras depan), tado' (ruang…. Anda dapat mendownload gratis materi papercraft rumah adat tongkonan ini di situs paper-replika. pilih menu download yang ada di bagian bawah untuk mengambil filenya (pdf). setelah mendownload, anda tinggal mencetaknya di kertas yang agak tebal dan kemudian merangkainya. papercraft ini merupakan kerjasama antara paper replika dan rumah inspirasi.

Mengenal Bagianbagian Tongkonan Rumah Adat Toraja

Tongkonan adalah rumah adat masyarakat toraja. atapnya melengkung stara sosial di masyarakat sillanan di bagi atas 3 tingkatan yaitu: ma'dika (darah . Ternyata rumah tongkonan tidak hanya menjadi rumah adat tapi juga sebagai simbol kehidupan dan kebudayaan masyarakat sulawesi tengah. tags rumah gadang rumah sehat rumah tinggal ← 9 keunikan rumah adat honai khas papua → 11 cara membersihkan akuarium akrilik agar kinclong. Ternyata rumah tongkonan tidak hanya menjadi rumah adat tapi juga sebagai simbol kehidupan dan kebudayaan masyarakat sulawesi tengah. tags rumah gadang rumah sehat rumah tinggal ← 9 keunikan rumah adat honai khas papua → 11 cara membersihkan akuarium akrilik agar kinclong. Mar 12, 2017 rumah tongkonan terbagi menjadi beberapa bagian. bagian paling atas berbentuk segi tiga. bagian tengah disebut indo para'. badan rumah .

8 Keunikan Rumah Adat Tongkonan Khas Tana Toraja

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Adat Papua Barat Brainly

Rumah Gadang Nama Rumah Yang Suku Rumah Atau Adat Godang Adat Rumah Disebut Adalah Untuk

Rumah Zanex Farel