Toraja Adalah Adat Rumah

Rumah Adat Sulawesi Selatan Tongkonan Toraja Gambar

Jan 9, 2018 pergi ke toraja rasanya tak lengkap jika tidak mengunjungi beragam kebudayaan yang ada di sana. salah satunya adalah rumah adat toraja . Rumah adat suku mandar memiliki beberapa kesamaan dengan rumah adat bugis dan suku makassar. perbedaanya adalah pada pembuatan teras yang lebih besar. rumah adat suku toraja. tongkonan adalah sebutan untuk rumah adat suku toraja. rumah adat tongkonan ini berdiri atas dasar tumpukan kayu dengan dihiasi ukiran berwana merah, kuning dan hitam. Jun 25, 2009 bangunan dengan atap meruncing itu bernama baruang tongkonan atau biasa disebut tongkonan, rumah adat toraja adalah adat rumah orang toraja. "tongkon artinya . Rumah dan pakaian adat toraja kata toraja diperoleh dari bahasa bugis yaitu to riaja yang artinya adalah “orang yang berdiam di negeri atas”. suku ini menetap di pegunungan bagian utara provinsi sulawesi selatan. jumlah populasinya kira-kira sekitar 1 juta jiwa dan sekitar setengahnya masih tinggal di kabupaten toraja utara, kabupaten tana toraja dan kabupaten mamasa.

Mar 4, 2013 masyarakat toraja menganggap rumah tongkonan sebagai ibu, sedangkan alang sura (lumbung padi) sebagai bapak. tongkonan berfungsi . Aug 26, 2019 tana toraja adalah sebuah kabupaten yang terletak di toraja adalah adat rumah provinsi sulawesi selatan. wilayah ini sejak lama terkenal memiliki beragam tradisi dan . Tongkonan adalah rumah adat masyarakat toraja. atapnya melengkung menyerupai perahu, terdiri atas susunan bambu (saat ini sebagian tongkonan menggunakan atap seng). di bagian depan terdapat deretan tanduk kerbau. bagian dalam ruangan dijadikan tempat tidur dan dapur. berasal dari kata tongkon (artinya duduk bersama-sama). Mar 12, 2019 rumah adat toraja tana toraja sangat terkenal dengan adat istiadat yang membelenggu masyarakat pribumi toraja. ada beragam upacara .

Fakta Dan Keunikan Rumah Adat Tongkonan Warisan Para

Rumah Adat Sulawesi Selatan Gambar Dan Penjelasan Lengkap

Rumah Adat Sulawesi Selatan Nama Gambar Dan Penjelasan

Rumah adat toraja dengan wilayah yang sangat luas, indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. tak hanya kaya dengan pesona alamnya saja, indonesia juga dikenal dengan sebutan negara seribu bahasa. julukan tersebut diberikan kepada negara kita karena adanya berbagai macam bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Aug 17, 2017 terletak di toraja utara, disini-lah kita bisa melihat rumah tongkonan dalam bentuk kawasan desa adat. ke'te kesu merupakan kompleks rumah . Rumah adat toraja dengan wilayah yang sangat luas, indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. tak hanya kaya dengan pesona alamnya saja, indonesia juga dikenal dengan sebutan negara seribu bahasa. julukan tersebut diberikan kepada negara kita karena adanya berbagai macam bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Jan 27, 2017 tongkonan merupakan rumah adat toraja yang punya makna. mulai dari status sosial sampai arti hidup, semua terukir di sana.

Filosofi Rumah Adat Toraja Halaman All Kompas Com

5 Fakta Tongkonan Rumah Adat Toraja Yang Sarat Makna

Mengenal Tongkonan Rumah Adat Toraja Yang Sarat Makna

Rumah Adat Sulawesi Selatan Tongkonan Toraja Gambar

Rumah tongkonan biasanya terbuat dari kayu uru. kayu uru adalah salah satu kayu yang kuat. rumah adat tongkonan suku toraja ini sama sekali tidak menggunakan unsur besi pada proses pembangunannya. dari sini bisa diketahui, bahwa dalam pembangunan rumah adat ini sama sekali tidak menggunakan paku. Hal lain yang juga sama adalah tata letak rumah adat, baik toraja maupun batak memiliki rambu-rambu tersendiri dalam menentukan letak rumah adat mereka. untuk tongkonan, hal yang mengikat dan tak boleh dilanggar adalah rumah dibangun haruslah menghadap ke utara. adapun letak pintu ada pada bagian depan rumah. Rumah adat toraja tana toraja sangat terkenal dengan adat istiadat yang membelenggu masyarakat pribumi toraja. ada beragam upacara adat yang dapat anda jumpai ketika anda berkunjung ke toraja. mulai dari upacara rambu solo dimana upacara tersebut adalah upacara pemakaman khas tana toraja. sehingga toraja menjadi tempat yang unik dengan keanekaragaman budaya yang kental.

More rumah adat toraja adalah images. Suku toraja negara indonesia memiliki kekayaan budaya yang sangat melimpah. selain itu di indonesia juga terdapat suku bangsa yang begitu beragam. salah satunya adalah suku toraja yang berada di sulawesi. suku ini adalah suku yang terbilang unik dibanding suku-suku yang lain yang ada di indonesia. kebudayaan asli yang toraja adalah adat rumah masih dimiliki suku ini menjadi daya Pergi ke toraja rasanya tak lengkap jika tidak mengunjungi beragam kebudayaan yang ada di sana. salah satunya adalah rumah adat toraja yang bernama tongkonan. bentuk atapnya yang unik dan menjulang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung.

Oct 7, 2019 tongkonan memiliki banyak makna yang menjadi cerminan masyarakat tradisional toraja. inilah 5 fakta menarik terkait rumah adat toraja ini. Rumah adat suku toraja. rumah adat sulawesi selatan suku toraja atau masyarakat daerah tersebut menyebutnya tongkonan. tongkonan berdiri di atas tumpukan kayu yang biasanya ukiran yang terdapat pada tongkonan ini memiliki 3 warna yaitu warna merah, hitam, dan kuning. tongkonan sendiri melambangkan hubungan dengan leluhur mereka sehingga rumah. .

Rumah adat sulawesi selatan rumah tongkonan adalah rumah adat bagi masyarakat suku toraja dan telah ditetapkan sebagai rumah adat sulawesi selatan. rumah adat ini sangat terkenal bahkan toraja adalah adat rumah sampai ke penjuru dunia karena keunikan arsitektur serta nilai nilai filosofis yang terkandung di dalamnya. Rumah adat sulawesi selatan rumah tongkonan adalah rumah adat bagi masyarakat suku toraja dan telah ditetapkan sebagai rumah adat sulawesi selatan. rumah adat ini sangat terkenal bahkan sampai ke penjuru dunia karena keunikan arsitektur serta nilai nilai filosofis yang terkandung di dalamnya. Tana toraja adalah salah satu kabupaten yang terletak di provinsi sulawesi selatan. jika berkesempatan mengunjungi tana toraja, sangat direkomendasikan untuk mengunjungi rumah adat toraja yang sangat terkenal. karena ternyata, bukan hanya alamnya yang menakjubkan saja yang dapat dibanggakan dari tana toraja, tetapi juga masyarakat dan budayanya.

Toraja Adalah Adat Rumah
Suku Toraja  Sejarah Kebudayaan Dan Adat Istiadat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Adat Papua Barat Brainly

Rumah Gadang Nama Rumah Yang Suku Rumah Atau Adat Godang Adat Rumah Disebut Adalah Untuk

Rumah Zanex Farel